Tips Mendapatkan Skor 600+ Tes TPA Oto Bappenas 2016

Untuk teman-teman yang akan melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3 atau akan melamar pekerjaan yang menyaratkan sertifikat TPA Oto Bappenas, saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya sekaligus memberi tips bagaimana mendapatkan skor TPA yang memuaskan. Bagi teman-teman yang berdomisili di Malang, Jatim, bisa mendaftar tes di Universitas Brawijaya tepatnya Program Pascasarjana UB. Klik disini untuk masuk ke web resmi PPSUB, tetapi jangan beranjak dulu karena saya baru saja akan membeberkan rahasia sukses saya mendapat skor TPA 600+. Penasaran? Simak tips-tips belajar saya berikut ini.

pengalaman tpa oto bappenas 2016

Contoh Hasil TPA Oto Bappenas

Saya mengikuti tes TPA Oto Bappenas pada tanggal 11 November 2016 dan hasilnya sudah diposting di website PPSUB pada tanggal 17 November 2016. Hasil tes TPA diumumkan secara terbuka, artinya teman-teman bisa melihat hasil tes peserta lain. Alhamdulillah dari percobaan pertama mengikuti tes ini, saya mendapat skor 610,20 dan meraih peringkat 8 dari 80 peserta. Sertifikat hasil TPA Oto Bappenas seperti gambar di atas sudah terkirim rapi di rumah pada tanggal 19 November 2016, tepatnya satu minggu setelah ujian.

Nah, sudah penasaran dengan tips mendapat skor terbaik di tes TPA Oto Bappenas? Berikut ini beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat.

  • Sering berlatih. Mengerjakan latihan soal tes TPA Oto Bappenas tidak harus lama, tetapi harus sesering mungkin dilatih. Jika teman-teman meluangkan waktu 10-20 menit setiap hari selama beberapa minggu, itu jauh lebih baik dari belajar seharian tetapi hanya satu hari sebelum tes. Kebetulan saya sedang tinggal di pondok pesantren tahfidzul quran sehingga tidak bisa meluangkan banyak waktu, tapi saya usahakan hampir setiap hari bisa latihan. Minimal seminggu sebelum ujian, untuk melatih otak menanggapi soal-soal sejenis.
  • Fokus mengerjakan satu buku latihan soal. Terutama untuk bagian bahasa, akan lebih baik jika teman-teman berlatih 1 kumpulan soal tetapi diulang-ulang sampai hafal di luar kepala ketimbang mencoba banyak soal tetapi lupa semua. Karena biasanya dari soal yang dikerjakan pasti ada yang keluar persis saat tes. Jika teman-teman pernah menjumpai soal yang persis tapi lupa jawabannya, itu akan menimbulkan rasa penasaran yang memakan waktu. Maka dari itu, lebih baik belajar sedikit tetapi betul-betul dihafal dengan baik.
  • Tetap tenang meskipun kehabisan waktu. Pengawas akan memberi peringatan setiap 15 menit sebelum waktu habis di tiap sesi. Berapapun yang berhasil teman-teman kerjakan, pastikan sudah ditandai dengan sempurna di LJK. Sisanya bagaimana? Jangan sampai dikosongi, tetapi isi dengan cepat menurut keyakinan masing-masing. Nah, setelah yakin sudah mengisi semua nomor dan masih ada waktu tersisa, teman-teman bisa scanning lagi, soal mana yang kira-kira bisa dengan mudah dan cepat dikerjakan. Jika jawaban asal tadi ada yang salah, teman-teman bisa betulkan di waktu yang tersisa ini.
  • Tidur cukup, sarapan, rileks-kan pikiran. Tes TPA Oto Bappenas berlangsung selama 3 jam penuh dan teman-teman akan sangat sibuk. Tidak ada waktu untuk bersantai selama 3 jam tersebut sehingga pastikan kondisi badan dan pikiran 100% fit.

Poin-poin di atas adalah hal-hal yang saya kira harus diperhatikan untuk kesuksesan tes TPA Oto Bappenas. Jika teman-teman yang lain ingin menambahkan top tips sukses tes TPA, atau ada pertanyaan, silahkan langsung sharing di komentar di bawah. Akhir kata, good luck! :)

Tell Us What You Think