Cara Mengirim Dokumen ke Korea: EMS Pos Indonesia

Bismillah, tanggal 25 Februari lalu saya mengirimkan dokumen yang diperlukan untuk beasiswa KGSP. Setelah membaca beberapa review di internet tentang pengalaman mengirim dengan tujuan sama, Korea, saya mantapkan untuk memakai jasa EMS dari PT Pos Indonesia. Deadline pengumpulan adalah 4 Maret, cukup mepet sebenarnya karena hanya berjarak 8 hari. Tetapi, berbekal kepercayaan pada klaim bahwa kiriman EMS ke luar negeri membutuhkan waktu 5-7 hari, saya mantapkan saja. Review yang saya baca di internet juga banyak yang mengatakan bahwa mereka puas dengan layanan EMS dan paket sampai kurang dari 7 hari.

Cara Mengirim Dokumen dengan EMS Pos Indonesia

Nah, sekarang akan saya jelaskan cara mengirim dokumen dengan layanan ini. Yang pertama kali harus dilakukan ketika datang di kantor pos adalah mengisi formulir EMS. Tanyakan pada satpam dimana kita bisa mengambilnya. Setelah mendapatkan form, isi dengan jelas terutama bagian alamat tujuan dan nomor telepon pihak penerima.

Sesuai kebijakan kantor pos masing-masing, ada kemungkinan teman-teman diminta mengambil nomor antrian. Di kota saya tidak demikian dan langsung antri saja di depan loket. Kebijakan ini bisa ditanyakan pada satpam. Setelah antri dan akhirnya dilayani, dokumen saya ditimbang. Saya dipilihkan layanan EMS merchandise oleh petugasnya dan dengan berat dokumen 165 gram saya harus membayar sebesar Rp199.000,00. Angka yang cukup reasonable dibandingkan bila menggunakan jasa perusahaan swasta.

Review Jasa EMS Pos Indonesia

Berdasarkan pengalaman pertama kali menggunakan jasa EMS PT Pos Indonesia ini, saya merasa puas karena dokumen sampai dalam 7 hari termasuk hari Sabtu dan Minggu (25 Februari-2 Maret 2016). Pengecekan juga dapat dilakukan dengan mudah di website ems.posindonesia.co.id.

Hari ke-2 pengiriman yaitu tanggal 26 Februari pagi, saya cek status kiriman saya di dan status dokumen saya masih Posting/Collection dan masih berada di Malang.

cara mengirim dokumen ke korea

Hari #2 Pengiriman

Sabtu dan Minggu tanggal 26-27, pengiriman dihentikan karena libur. Maka, Senin tanggal 28 Februari pagi, saya baru mengecek lagi dan ternyata dokumen sudah dalam proses pengiriman ke Korea sejak 26 Februari sore (Jumat).

cara mengirim dokumen ke korea

Hari #2 Pengiriman Sore

Tanggal 29 Februari siang saya cek, dokumen sudah sampai di Korea 😀

cara mengirim dokumen ke korea

Hari #5 Pengiriman Sore

Tanggal 1 dan 2 Maret pagi belum ada kabar baru, tetapi tanggal 3 Maret pagi saya cek dan dokumen sudah sampai di tujuan kemarin sore.

cara mengirim dokumen ke korea

Hari #7 Pengiriman

Total waktu pengiriman dihitung dari hari H mengirim adalah 7 hari. Jika tidak terbentur hari libur Sabtu dan Minggu, sebenarnya dokumen akan sampai dalam waktu 5 hari saja. Dengan harga yang lebih murah dibandingkan jasa lainnya, saya benar-benar merekomendasikan EMS PT Pos Indonesia 😀

4 Comments

Tell Us What You Think